Sabtu, 05 November 2011

Kawasan Taman Nasional Komodo - 科莫多国家公园区


Taman Nasional Komodo (科莫多国家公园) berada di antara Pulau Sumbawa (松巴哇) dan Pulau Flores (弗洛勒斯) di kepulauan Indonesia Timur. Secara administratif termasuk dalam Wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur (東努沙登加拉).

Kawasan ini ditetapkan sebagai 
  1. Taman Nasional Komodo pada tanggal 6 Maret 1980
  2. Cagar Manusia dan Biosfer pada tahun 1977
  3. Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991
  4. Simbol Nasional oleh Presiden RI pada tahun 1992
  5. Kawasan Perlindungan Laut di tahun 2000
  6. Salah satu Taman Nasional Model di Indonesia pada tahun 2006

Taman Nasional Komodo memiliki luas 173.300 ha meliputi wilayah daratan dan lautan dengan lima pulau utama yakni 
  • Pulau Komodo
  • Pulau Padar
  • Pulau Rinca
  • Pulau Gili Motang
  • Pulau Nusa Kode
  • Pulau-pulau kecil lainnya. 
Kepulauan tersebut dinyatakan sebagai taman nasional untuk melindungi komodo yang terancam punah dan habitatnya serta keanekaragaman hayati di dalam wilayah tersebut. Taman lautnya dibentuk untuk melindungi biota laut yang sangat beragam yang terdapat di sekitar kepulauan tersebut, termasuk yang terkaya di bumi.

Taman Nasional Komodo terletak di kawasan Wallacea Indonesia. Kawasan Wallacea terbentuk dari pertemuan dua benua yang membentuk deretan unik kepulauan bergunung api, dan terdiri atas campuran burung serta hewan dari kedua benua Autralia dan Asia. Terdapat 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia di Taman Nasional Komodo. Selain itu, juga terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung. Perpaduan berbagai vegetasi di Taman Nasional Komodo memberikan lingkungan yang baik bagi berbagai jenis binatang dalam kawasan ini.

Terdapat empat kampung di dalam Taman Nasional Komodo. Pulau Komodo memiliki satu kampung yakni kampung Komodo. Pulau Rinca memiliki dua kampung yakni Rinca dan Kerora. Pulau Papagaran memiliki satu kampung yakni kampung Papagaran. Hingga tahun 2010, masyarakat yang tinggal di dalam kawasan berjumlah 4.251 orang dan sebagian besar masyarakat bermata pencaharian sebagai nelayan. Mayoritas masyarakat memeluk agama islam.

http://www.komodo-park.com/detail.php?id=11


Wallacea is the group of islands within red area. Weber Line in blue.

Wallacea is a biogeographical designation for a group of Indonesian islands separated by deep water straits from the Asian and Australian continental shelves. Wallacea includes Sulawesi, the largest island in the group, as well as Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba, Timor, Halmahera, Buru, Seram, and many smaller islands. The islands of Wallacea lie between Sundaland (the Malay Peninsula, Sumatra, Borneo, Java, and Bali) to the west, and Near Oceania including Australia and New Guinea to the south and east. The total land area of Wallacea is 347,000 km².  

Provinces and major islands in Wallacea
Sulawesi
6 provinces
North Maluku, including Halmahera
Maluku, excluding Aru Islands
West Nusa Tenggara
(Lombok, Sumbawa)
East Nusa Tenggara, including
Komodo, Flores, Sumba, West Timor
East Timor
(independent)
http://en.wikipedia.org/wiki/Wallacea


Wallacea merupakan daerah transisi biogeografis antara paparan Sunda ke arah barat, dan daerah Australasian ke arah timur. Daerah ini meliputi sekitar 338.494 km² area daratan, terbagi ke dalam banyak pulau kecil. Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan sebagian Nusa Tenggara merupakan bagian dari daerah ini. Karena faktor geografinya, daerah ini terdiri dari banyak jenis hewan endemik dan spesies fauna yang unik.  


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar